Rabu, 01 Januari 2014

ROCK

ROCK

Pengertian music rock adalah singkatan dari nama jenis musik rock ’n roll yang pertama kali dilontarkan pada tahun 1950-an pada publik Amerika Serikat oleh Alan Freed dalam sebuah siaran radio yang menyiarkan acara musik rhythm and blues (R&B) secara rutin. Rock merupakan bentuk musik populer yang biasanya diiringi oleh gitar dan drum. Namun banyak juga gaya musik rock yang menggunakan alat musik seperti organ, piano, atau synthetisizers. Musik rock biasanya memiliki ketukan yang kuat/cepat (Syukur, 2005).Sejak muncul dari Amerika Serikat, musik rock berkembang dan sekaligus dipengaruhi banyak tradisi dari budaya lain termasuk klasik, musik rakyat, serta musik dari Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Aliran musik roxk kemudian muncul seperti heavy metal, punk, alternative, dan grunge. Sementara itu, inovasi juga muncul dari kota-kota besar di dunia termasuk di Kingstone, Jamaika, dan Liverpool (Inggris). Salah satu hal yang membedakan musik rock dengan jenis musik sebelumnya adalah gaya pentas. Pendekatan gaya baru pentas musik secara visual dari Elvis Presley

 dan The Beatles di era 1960-an mendesak seni music hiburan populer yang berjaya hingga akhir 1960-an.
Fenomena kejayaan music populer baru muncul kembali pada tahun 1970-an ketika terjadi asimilasi antara musik pop, rock, jaz, dan musik-musik lainnya sehingga membentuk aliran-aliran hibrid baru musik seperti disco fusion dan funk. Alat musik utama yang digunakan pada musik rock adalah gitar elektrik. Alat musik lainnya adalah bas elektrik, keyboard, drum, dan terkadang menggunakan saxophone (Syukur, 2005).
Menurut Kamien (2004), rock merupakan jenis musik yang muncul pada pertengahan abad ke 20 yang memiliki ciri khas pada melodi vokal yang diikuti oleh iringan gitar elektrik, bass, dan drum dengan irama yang kuat/keras. Keyboard juga sering digunakan pada musik rock.

1. The Tielman Brothers

The Tielman BrothersThe Tielman Brothersadalah sebuahgrup musikasalIndonesia.Mereka adalah anak dari Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess asal SemarangMusikmereka beraliran rock and roll, namun orang-orang diBelandabiasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong. The Tielman Brothers adalah yang band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones. The Tielman Brothers pernah tampil diIstana NegaraJakartadihadapanPresidenSoekarno. Karier rekaman mereka dimulai ketika keluarga Tielman pada tahun1957hijrah dan menetap diBreda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal diEropa, terutama Belanda. Di Indonesia sendiri, nama The Tielman Brothers masih menjadi nama yang asing, sebuah kenyataan yang sangat disayangkan. The Tielman Brothers dipercaya lebih dulu memperkenalkan musik beraliran rock sebelumThe Beatles. Aksi panggung mereka dikenal selalu atraktif dan menghibur. Mereka tampil sambil melompat-lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Andy Tielman, sangfrontman, bahkan dipercaya telah memopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan jauh sebelumJimi Hendrix,Jimmy PageatauRitchie Blackmore.Ada beberapa fakta yang sangat mengejutkan dari band ini. Jauh sebelum publik rock terpesona dan berdecak kagum dengan permainan gila gitaris Jimi Hendrix pada tahun 1967, salah satu personil TheTielman Brothers, Andy Tielman, sang frontman telah memulai teknik tersebut pada tahun 1956 atau 11 tahun sebelum Jimi Hendrix bereksperimen dengan gitarnya. Gaya Andy dan teknik gitarnya sangat memukau. Gitar yang dipetik menggunakan gigi, kaki, jauh mendahului Jimi Hendrix. Konon, Paul McCartney ternyata mengagumi band ini dan terinspirasi The Tielman Brothers sebelum The Beatles terkenal pada awal 1960-an. Maklumlah, The Tielman Brothers telah membawakan lagu-lagu rock n roll jauh sebelum The Beatles muncul. Saat The Beatles manggung pertama kali di Jerman, grup band asal Inggris ini sempat melihat penampilan The Tielmans Brothers yang manggung menggunakan Hofner Violin bass. Dan saat itulah untuk yang pertamakalinya Paul melihat Bass Violin Hofner. Andy Tielmans sang gitaris memakai Fender Jazz Master khusus 10 strings. Fender sengaja mengirim representative-nya ke Jerman saat itu untuk merancang gitar buat Andy Tielmans.
2. God Bless
God Bless
Ketika kita berbicara tentang band rock Indonesia, jangan pernah lupakan nama God Bless. Band cadas ini sangat berbakat, dan bisa dibilang The Rolling Stones-nya Indonesia. Diwakili oleh Ian Antono, Achmad Albar, Donny Fatah, Abadi Soesman, dan Yaya Moektio, band ini telah menggebrak musik rock di era 70-an.
Awal berdirinya God Bless terjadi saat kepulangan Iyek ke Tanah Air setelah beberapa tahun tinggal di Belanda. Ia kemudian serius ingin membentuk sebuah band. Bersama Ludwig Le Mans, gitaris Clover Leaf, band Iyek ketika masih di Belanda, Iyek lalu mengajak Fuad Hassan (dram), Donny Fattah (bass) dan Jockie Surjoprajogo (kibor) untuk membentuk band. Tahun 1972, formasi pertama ini melakukan konser perdananya di TIM (Taman Ismail Marzuki) lalu mengikuti pentas musik Summer 28, semacam pentas Woodstock ala Indonesia di Ragunan, Jakarta, yang diikuti berbagai grup band dari Indonesia, Malaysia dan Filipina. Dengan posisi keyboard yang sudah digantikan oleh Deddy Dores, Jockie Surjoprajogo sendiri sibuk dengan program musik lain-lainnya seperti LCCR Prambors dan sebagainya. Kini God bless menyisakan 3 personil.
God Bless adalah grup musik rock yang telah menjadi legenda di Indonesia. Dasawarsa 1970-an bisa dianggap sebagai tahun-tahun kejayaan mereka. Salah satu bukti nama besar mereka adalah sewaktu God Bless dipilih sebagai pembuka konser grup musik rock legendaris dunia, Deep Purple di Jakarta (1975).
3. EdanE
EdanE
Aliran hard rock metal ala EdanE tidak perlu diragukan. Dengan raungan gitar sang ‘E Pertama’ (Eet Sjahrani), EdanE selalu dikenal dan memiliki banyak fans rock metal di tanah air. EdanE dikenal dengan musik cadas yang sangat keras, belum lagi suara vokalis yang selalu bertukar tetap memberikan nuansa melengking di setiap lagunya, ditambah kehebatan sang Eet Sjahrani dalam mempermainkan 6 senar di gitarnya.
Awalnya, EdanE sebenarnya bukanlah sebuah grup band. EdanE dulunya merupakan kolaborasi antara Eet Sjahrani yang saat itu merupakan gitaris kedua God Bless dan juga Ecky Lamoh, mantan vokalis Elpamas. Keduanya bertemu saat terlibat dalam penggarapan album solo Eki Soekarno, Kharisma Indonesia. Salah satu lagu di album itu, Ecky Lamoh berpasangan dengan Eet.
Karena Eet tertarik dengan karakter vokal Ecky, ia pun langsung setuju ketika seorang produser rekaman menawarkannya untuk menggarap album solo Ecky. Tapi kemudian, Eet menjadikannya sebagai proyek kolaborasi. Namanya pun ditetapkan menjadi “E dan E”. Namun pada saat itu, muncul pula grup duo yang memakai inisial serupa, yaitu “I dan I” yang dikibarkan oleh Ikang Fawzi dan Ian Antono.
Agar tidak dianggap mengekor, Eet pun mengubah haluan. Format duo diubah menjadi band dengan menggunakan nama “EdanE”. Kebetulan, Eet sudah lama mengidamkan punya band sendiri untuk menyalurkan idealisme bermusiknya. Ia pun merekrut basis Jet Liar, Iwan Xaverius dan Fajar Satritama, drummer yang sebelumnya pernah nge-band bersama Eet di grup Cynomadeus.
Tahun 1992, album perdana The Beast pun dirilis. Dari kemasan ini, melejit lagu Ikuti yang langsung menempatkan grup Edane sebagai salah satu grup rock yang paling diperhitungkan. Bahkan, mereka langsung mendapat kehormatan untuk menjadi band pembuka konser Sepultura di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, tahun ‘92.
Namun setelah itu, muncul ketidak cocokan antara Eet dan Ecky. Ecky pun hengkang dari formasi Edane. Atas saran produser, Eet pun menerima Hari “Ucok” Batara untuk mengisi kekosongan. Eet mengakui, saat itu, Edane nyaris tidak punya waktu untuk mengaudisi vokalis baru.
Dengan formasi baru ini, Edane sempat menelurkan album Jabrik (’94) dan Borneo (’96). Tapi di kedua album ini, Eet merasa kurang bisa menghasilkan musik yang maksimal. Salah satu kendalanya adalah adanya keterbatasan pada eksplorasi vokal Ucok. Sehingga, di album Borneo, Eet sempat memakai vokalis tamu. Selain itu, visi musik Ucok pun dianggap tidak sesuai lagi dengan konsep yang ingin diterapkan Edane.
Akhirnya, kelar merilis album 9299 (’99) yang berisi kumpulan lagu-lagu terbaik Edane, Ucok pun mengundurkan diri. Sejak itu, Edane kembali berbenah diri. Setelah mengelar audisi untuk vokal, terpilihlah Trison, mantan vokalis grup rock, Roxx.
4. Jamrud
Jamrud
Band rock satu ini sudah dikenal luas di era musik modern dewasa ini. Suara melengking ala Krisyanto, sang vokalis, sudah menjadi santapan pecinta musik rock dan penggemar Jamrud di seluruh Indonesia. Awalnya Jamrud diberi nama Jamrock, dan berubah ketika Jamrud mulai mendapatkan kontrak dengan salah satu label yang menaungi musik rock di Indonesia, Log Records.
Awalnya Jamrud membuat album berjudul Nekad di tahun 1995, dan kemudian sukses menggebrak musik rock tanah air. Rock yang dibawakan merupakan rock cadas, yang menjadi pengaruh musik cadas di Indonesia sendiri. Puncak kesuksesan komersial Jamrud adalah album Ningrat (2000) yang mencatat angka penjualan sebanyak dua juta keping di Indonesia dengan populernya single “Surti-Tejo” dan “Pelangi di Matamu” di Indonesia. Album Ningrat mencatat sejarah dengan meraih anugerah 5 penghargaan AMI Award 2000 sungguh luar biasa untuk sebuah group cadas.
Kesuksesan album Ningrat membuatLog Zhelebourmembawa “Jamrud” rekaman di Studio 301 Sydney, Australia dan merilis album “Sydney 090102” (2002) dengan mencatat penjualan yang cukup spektakuler sebanyak hampir satu juta keping dengan lagu hits “Waktuku Mandi” dan “Selamat Ulang Tahun” yang sampai saat ini masih populer dan dinyanyikan setiap orang merayakan hari ulang tahun. Album ini meraih anugerah penghargaan sebagai Group Rock Terbaik AMI Award 2002 dan Gen-B 2002, Jamrud masih merajai industri rekaman dan showbiz dengan honor termahal.
Kesuksesan yang mereka raih tak lepas dari sebuah kejadian yang tak terduga. Pada tahun1999Sandy HandokodanFitrah Alamsyahmeninggal karenaoverdosisobat-obatan terlarang. Berita kematian mereka menggemparkan industri musik Indonesia pada masa tersebut. Posisi Sandy Handoko kemudian digantikan oleh Suherman ‘Herman’ Husin.
5. Boomerang
Boomerang
Pada awal tahun ‘90-an,Hubert Henry Limahelua.k.a. ‘HH5H’ (bass),John Paul Ivana.k.a. ‘JPI’ (gitar),Roy Jeconiah Isoka Wurangian(vokal) dan Petrus “Pet” Augusti (drummer) mendirikan sebuah band dengan nama ‘Lost Angels’, sebuah permainan kata dari nama kotaLos Angelesdan sekaligus berarti `Malaikat Tersesat`.
Pada tahun 1994 mereka direkrut oleh perusahaan rekamanLogiss Record. Dan pada bulanMaret-April1994dibawah produserLog Zhelebourdi studioNirwana Record, Surabaya, mereka bekerja hampir 18 jam setiap harinya untuk merekam album perdana mereka. Sementara selesai dengan proses rekaman album perdana mereka dan menunggu pembuatan cover kaset, mereka memutuskan untuk mengeluarkan drummer mereka karena tingkah lakunya tidak bisa lagi sejalan dengan idealisme tujuan semula kelompok mereka dan terlalu mementingkan materi pribadi.
Pada8 Mei 1994mereka sepakat untuk mengganti nama Lost Angels menjadi Boomerang yang juga menjadi judul album perdana mereka yang dirilis dipasaran pada 1 Juli 1994 dengan single hit `Kasih`. Oleh karena itu pada pembuatan klip `Kasih` di album pertama, mereka hanya tampil bertiga. Untuk mengisi kekosongan posisi drummer pada saat mereka harus melakukan tour dan konser, mereka merekrutFarid Martinyang dikenal mereka dari Mas Tony,Sound Engineerpada album pertama dan kedua Boomerang. Pada tanggal1 Januari1995Farid Martin resmi menjadi anggota tetap Boomerang.
Namun pada pertengahan2005, didasari “perbedaan prinsip”, JPI memilih untuk keluar dari Booomerang dan memutuskan untuk bekerja sendiri. JPI membentuk band super grupTrio JPIbersama denganbassisBondan PrakosodariFunky KopraldanCliffsebagaidrummer.
Sebagai pengganti JPI, Boomerang sempat merekrut dua gitaris muda Indonesia,OidariPower MetaldanTommygitaris asal Riau .Tidak puas dengan performa mereka, Boomerang merekrut salah satugitarishandal IndonesiaAndry Franzzyyang merupakan mantan gitarisPowerslavespada awal tahun2006.
Vokalis Roy Jeconiah Hengkang dari Boomerang tahun 2010, Juga di ikuti sang gitaris Andre Franzzy , dan tahun 2012 Roy dan Ivan membuat Band baru bernamaRI-1 Bandyang berarti singkatan dari Roy dan Ivan bersatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar